contoh algoritma sederhana (game menyebrang sungai)
Contoh kasus untuk algoritma sederhana dalam memecahkan suatu masalah secara logis dan sistematis adalah sebagai berikut:
Seorang Pengembala membawa seekor Domba, Serigala,
dan sekeranjang Sayuran yang hendak menyeberangi sungai dengan sebuah Rakit kecil yang hanya mampu memuat pengembala dan satu bawaan saja. Bagaimana supaya pengembala dapat menyeberangkan
semuanya dengan selamat ?
Menyeberang sungai hanya bisa dipakai Pengembala dan 1 bawaan saja, contohnya pengembala menyeberang sungai dengan membawa sekeranjang sayuran.
Jika tidak ada pengembala di tempat, Serigala yang di tinggal akan memakan Domba, begitupun Domba juga akan memakan Sayuran.
Solusi dari permasalahan tersebut adalah
- Pertama Pengembala membawa Domba terlebih dahulu, lalu taruh domba di seberang sungai
- Pengembala kembali menyeberang dan membawa sayur lalu taruh sayuran di dekat domba
- Bawa kembali domba ke tempat serigala berada setelah itu taruh domba
- Lalu membawa serigala untuk menyeberang sungai dan taruh disamping keranjang sayur
- Kembali tanpa membawa apapun dan yang terakhir seberangkan kambing
- Selesai.
Komentar
Posting Komentar