contoh algoritma sederhana (game menyebrang sungai)


 
Contoh kasus untuk algoritma sederhana dalam memecahkan suatu masalah secara logis dan sistematis adalah sebagai berikut:

Seorang Pengembala membawa seekor Domba, Serigala, dan sekeranjang Sayuran yang hendak menyeberangi sungai dengan sebuah Rakit kecil yang hanya mampu memuat pengembala dan satu bawaan saja. Bagaimana supaya pengembala dapat menyeberangkan semuanya dengan selamat ?
  
Dengan kondisi sebagai berkut :
Menyeberang sungai hanya bisa dipakai Pengembala dan 1 bawaan saja, contohnya pengembala menyeberang sungai dengan membawa sekeranjang sayuran.
Jika tidak ada pengembala di tempat, Serigala yang di tinggal akan memakan Domba, begitupun Domba juga akan memakan Sayuran.

Solusi dari permasalahan tersebut adalah
  1. Pertama Pengembala membawa Domba terlebih dahulu,  lalu taruh domba di seberang sungai
  2. Pengembala kembali menyeberang dan membawa sayur lalu taruh sayuran di dekat domba
  3. Bawa kembali domba ke tempat serigala berada setelah itu taruh domba
  4. Lalu membawa serigala untuk menyeberang sungai dan taruh disamping keranjang sayur
  5. Kembali tanpa membawa apapun dan yang terakhir seberangkan kambing 
  6. Selesai.
Dalam game tersebut memberi sedikit contoh bagaimana algoritma digunakan dan tanpa disadari dalam kehidupan sehari - hari, algoritma diterapkan seperti halnya kita memuat makanan pasti ada prosesnya tahap demi tahap sehingga makanan itu dapat disajikan, atau saat kita memakai sepatu maupun kegiatan lainya. intinya algoritma adalah langkah langkah untuk menyelesaikan suatu masalah secara logis dan sistematis.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membatalkan Layanan 92011 Fortumo CB yang tiba tiba aktif

Jenis Proses Algoritma